Masalah atau fenomena laporan keuangan asuransi PT Asuransi Jiwa Bakrie (Bakrie Life)

JAKARTA – Nasabah PT Asuransi Jiwa Bakrie (Bakrie Life) menuntut kepada manajemen Bakrie Life untuk transparan dalam menyampaikan laporan keuangannya. Maklum, selama ini nasabah selalu dijanjikan akan dibayar dana investasinya sekitar Rp360 miliar namun tidak ada realisasinya hingga sekarang.

“Dalam minggu ini kami akan meminta keterangan ke Bakrie Life soal laporan keuangan sejak Desember 2008. Kami hanya memastikan keuangan perusahaan sehat sehingga mampu untuk membayar utang ke nasabah,” kata Koordinator Tim Penyelamatan Pengembalian Dana Nasabah Bakrie Life Wahyudi kepada wartawan, di Resto Gado-Gado Boplo Blok M, Jakarta Selatan, Senin (26/10/2009).

Nantinya, jika manajemen tidak memenuhi kewajiban itu, maka nasabah akan melapor ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Wahyudi mengaku tuntutan tersebut sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 pasal 66 tentang perseroan harus menyusun neraca dan laba rugi secara periodik dan harus disampaikan ke Menteri Keuangan.

Padahal, manajemen Bakrie Life mengaku sudah menjamin dana nasabah aman. Manajemen pernah menjamin dana nasabah dengan penerbitan Medium Secure Notes (MSN) dari pemegang saham mayoritas yaitu PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) sebesar Rp500 miliar.

“Kami hanya ingin manajemen transparan tentang jaminan MSN tersebut. Soalnya, manajemen BNBR mengaku tidak pernah menerbitkan MSN  tersebut khusus untuk Bakrie Life,” tambahnya.

Intinya, lanjut Wahyudi, nasabah masih tidak percaya bahwa manajemen tidak punya uang untuk membayar. Jika manajemen Bakrie Life tidak memiliki dana, Bapepam harus bisa memeriksa laporan keuangan yang sudah diaudit bahwa mereka betul tidak punya uang.
(Didik Purwanto/Koran SI/ade)

 

Kritik/Komentar saya :

Setelah membaca artikel diatas, sudah seharusnya PT Asuransi Jiwa Bakrie (Bakrie Life) transparan dalam menyampaikan laporan keuangannya sesuai dengan PSAK yang ada, agar para nasabah juga mengetahui apakah Bakrie Life dapat membayar atau melunasi seluruh hutang-hutangnya, terlebih pihak manajemen Bakrie Life mengaku sudah menjamin dana nasabah aman dengan penerbitan Medium Secure Notes (MSN) dari pemegang saham mayoritas yaitu PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR).

Saran :

PT Asuransi Jiwa Bakrie (Bakrie Life) agar bertanggung jawab terhadap perusahaan asuransi yang didirikannya terlebih kepada para nasabah yang telah berinvestasi.

 

Sumber:

http://economy.okezone.com/read/2009/10/26/278/269363/nasabah-minta-bakrie-life-transparan

http://www1.kompas.com/lipsus112009/kpkread/2009/10/02/09232231/belajar.dari.bakrie.life.

http://melayutionghoa.wordpress.com/category/sengketa-bisnis/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: