Menganalisis Prinsip Etika Profesi

Dari artikel diatas yang diambil di koran kompas, penulis akan menganalisis beberapa dari Prinsip Etika Profesi, sebagai pemenuhan tugas softskill, diantaranya :

1.  Tanggung Jawab Profesi

Jefferson SM Rumajar selaku wali kota Tomohon dianggap telah melanggar prinsip etika profesi yang pertama yaitu tanggung jawab profesi, karena ia telah menyalahgunakan jabatannya sebagai seorang wali kota dengan adanya kasus korupsi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kota Tomohon, Sulawesi Utara, senilai RP 33,7 milyar tahun 2006-2008.

2.  Kepentingan Publik

Tindak pidana korupsi yang dilakukan Jefferson SM Rumajar tersebut mrngakibatkan hilangnya kepercayaan publik dan tidak lagi menunjukkan komitmen atas profesionalismenya sebagai seorang wali kota, maka Jefferson dianggap telah melanggar prinsip etika profesi yang kedua yaitu kepentingan publik.

3.  Integritas

Dalam kasus ini Jefferson SM Rumajar juga dianggap melanggar prinsip etika profesi yang ketiga yaitu integritas. Karena integritas merupakan kualitas yang melandasi kepercayaan publik terhadap suatu profesi. Dengan adanya kasus ini, Jefferson telah tidak mampu lagi menjaga integritasnya yang oleh jaksa pengadilan tindak pidana korupsi terbukti memperkaya diri sendiri/orang lain dan juga di dakwa menggunakan dana bantuan sosial untuk kepentingan keluarganya.

4.  Obyektivitas

Jefferson SM Rumajar tidak pantas lagi menjadi wali kota Tomohon, karena beliau tidak obyektiv dalam menjalani profesinya sebagai seorang wali kota. Beliau telah melanggar kewajiban profesionalnya yang mengharuskan bersikap adil dan jujur, maka Jefferson dianggap telah melanggar prinsip etika profesi yang keempat yaitu obyektivitas.

5.  Perilaku Profesional

Sebagai wali kota, Jefferson SM Rumajar tidak konsisten dan tidak bertanggung jawab dengan reputasi profesinya. Beliau telah mendiskreditkan profesinya sendiri kepada staf/bawahannya serta masyarakat akibat adanya kasus korupsi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tomohon, maka beliau dianggap telah melanggar prinsip etika profesi yang ketujuh yaitu perilaku profesional .

Demikian analisis dari beberapa prinsip etika profesi yang dianggap dilanggar oleh Jefferson SM Rumajar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: