Pengertian Hukum dan Hukum Ekonomi

Hukum dan Hukum Ekonomi

resume kel.1

Dalam memberikan pengertian mengenai hukum, para ahli dan sarjana ilmu hukum memiliki pendapat yang berbeda-beda, antara lain menurut Van Kan, Hukum adalah keseluruhan peraturan hidup yang bersifat memaksa untuk melindungi kepentingan manusia di dalam masyarakat. Kemudian menurut Wiryono Kusumo, Hukum adalah keseluruhan peraturan baik tertulis maupun tidak tertulis yang mengatur tata tertib di dalam masyarakat dan terhadap pelanggarnya akan dikenakan sanksi.

Namun, diantara pendapat-pendapat tersebut belum terdapat kesatuan pendapat mengenai pengertian hukum, tetapi dapat ditarik kesimpulan bahwa hukum meliputi beberapa unsur, yaitu :

  1. Peraturan mengenai tingkah laku manusia dalam pergaulan masyarakat.
  2. Peraturan itu bersifat mengikat dan memaksa.
  3. Peraturan itu diadakan oleh badan-badan resmi.
  4. Pelanggaran terhadap peraturan tersebut dikenakan sanksi yang tegas.

Dalam ekonomi ada hukum ekonomi, yang artinya ialah suatu hubungan sebab-akibat atau pertalian peristiwa ekonomi yang saling berhubungan satu dengan yang lain dalam kehidupan ekonomi sehari-hari di dalam masyarakat. Sebab hukum ekonomi lahir karena semakin pesatnya pertumbuhan dan perkembangan perekonomian. Di berbagai Negara hukum berfungsi untuk mengatur dan membatasi kegiatan-kegiatan ekonomi, dengan harapan pembangunan perekonomian tidak mengabaikan hak-hak dan kepentingan masyarakat.

Hukum ekonomi tersebut di Indonesia dapat dibedakan menjadi dua, yaitu :

  1. Hukum ekonomi pembangunan, adalah yang meliputi pengaturan dan pemikiran hukum mengenai cara-cara peningkatan dan pengembangan kehidupan ekonomi Indonesia secara nasional .
  2. Hukum ekonomi sosial, adalah yang menyangkut pengaturan pemikiran hukum mengenai cara-cara pembagian hasil pembangunan ekonomi nasional secara adil dan merata dalam martabat kemanusiaan (Hak Asasi Manusia).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: