Manfaat Daun Sirih

Tugas Penulisan Bebas

Daun sirih, daun yang memiliki wangi yang khas ini ternyata banyak sekali manfaatnya untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit bahkan bisa digunakan untuk merawat rongga mulut. Dengan dicampur atau diolah dengan bahan-bahan lain, daun sirih dapat bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit secara tradisional.

Berikut beberapa macam penyakit yang dapat diobati menggunakan daun sirih :

  1. Asma, merupakan penyakit sesak nafas. Asma disebabkan oleh suatu penyakit alergi(sangat peka terhadap sesuatu yang masuk dalam tubuh). Cara pengobatannya: ambil daun sirih 8 lembar, lalu daun akar gamat 12 lembar, biji buah putat 20 buah, lada putih 30 butir, dicuci bersih kemudian ditumbuk halus. Lalu hasil tumbukan ini diremas dengan minyak kayu putih 3 sendok teh. Gunakan ramuan tersebut untuk melumasi dada dan leher 1-2 kali sehari atau sebanyak yang diperlukan.
  2. Beri-beri, merupakan penyakit yang mengenai saraf. Penyakit ini disebabkan oleh kekurangan vitamin B1. Cara pengobatannya: ambil daun sirih 10 lembar, lalu rimpang lempuyang 3 jari, cabai hitam 6 buah, beras merah 1 cangkir. Bahan-bahan ini dicuci dan ditumbuk halus. Setelah halus campur dengan arak 2 cangkir, lalu diremas. Gunakan ramuan ini untuk menggosok dan mengurut seluruh tubuh 1-3 kali sehari.
  3. Radang mata, merupakan radang selaput mata yang cukup lama. Bagian yang sakit adalah selaput lendir dan selaput kelopak mata sebelah dalam. Penyebabnya adalah virus. Cara pengobatannya: ambil daun sirih 6 lembar, dicuci dan dipotong-potong seperlunya, kemudian rebus dengan air 2 gelas sampai mendidih. Setelah itu saringlah air rebusan dan gunakan untuk merambang mata yang sakit 3-6 kali sehari.
  4. Bisul, merupakan suatu infeksi dari kulit yang disebabkan oleh basil stapphylococ. Basil-basil tersebut masuk ke dalam kulit melalui kelenjar minyak, kelenjar keringat, dan kantong rambut, yang kemudian menimbulkan radang yang berisi nanah. Cara pengobatannya: ambil daun sirih sebanyak 5 lembar, lalu dicuci bersih dan digiling sampai halus. Kemudian hasil gilingan digunakan untuk mengusap atau membaluri pada bisul dan sekelilingnya, lalu dibalut. Gunakan 1-3 kali sehari.
  5. Tuberkulosa (TBC) banyak menyerang bagian-bagian tubuh. Penyebabnya adalah basil tuberkulosa atau mycobacterium tuberculosis. Cara pengobatannya: ambil daun sirih 10 lembar, lalu daun saga manis ½ genggam, daun kaki kuda ¼ genggam, kikisan tanduk banduk 2 kikis, bunga belimbing wuluh 15 kuntum, cengkeh 10 kuntum, dan gula aren 3 jari. Bahan-bahan tersebut kemudian dicuci dan direbus dengan air 3 gelas. Setelah mendidih selama 10 menit, air didinginkan lalu disaring dan diminum 3 kali sehari 1 gelas.

Itulah beberapa manfaat dari daun sirih, lebar daunnya lebar pula manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: